Mengenali Gejala Kanker Payudara pada Pria

Source : CNN

 

Di Indonesia, kanker payudara merupakan penyakit kanker terbanyak yang menyerang perempuan. Meski demikian, kanker payudara juga bisa mengancam pria. Kanker payudara pada pria 100 kali lebih jarang ketimbang pada perempuan.

American Cancer Society mengestimasi sekitar 2.250 kasus kanker payudara pada pria ditemukan pada 2018. Sekitar 480 diantaranya diperkirakan meninggal dunia.

Kanker payudara pada wanita dan pria umumnya memiliki banyak kesamaan seperti terdapat tumor atau pembengkakan pada payudara, kulit yang mengeras, puting yang masuk ke dalam, dan kemerahan.

Kanker payudara pada pria dapat lebih mudah diketahui lantaran ukuran payudara yang lebih kecil dibanding wanita. Pada pria tumor itu dapat dengan mudah teraba. Namun di sisi, karena ukuran yang payudara yang kecil membuat sel kanker rawan menyebar ke area lain sekitar payudara.

Hingga saat ini, masih belum dapat diketahui secara pasti penyebab munculnya kanker payudara pada pria.

Namun, para ahli sepakat beberapa gaya hidup, hormon dan gen mempengaruhi kanker payudara pada pria. Mulai dari terpapar radiasi, alkohol, obesitas, usia, riwayat keluarga terkena kanker, hingga mutasi gen yang diwariskan. Rata-rata pria yang didiagnosis menderita kanker payudara berusia 68 tahun.

Karena penyebab pasti yang tak diketahui, upaya pencegahan khusus juga belum ditemukan. Namun, para ahli dari Cancer.org menyarankan agar para pria selalu menjaga berat badan ideal dan menghindari alkohol untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Source :

CNN

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


14 + 20 =