Lenteng Agung Segera Punya Kampung Warna-warni

Source : Wartakota

 

Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa, Kota Administrasi Jakarta Selatan, mengubah perkampungan menjadi menarik dengan menciptakan Kampung Warna Warni

Dua lokasi di RW 07 dan RW 04 bakal dibuat kampung berwarna.

Lurah Lenteng Agung Satia, mengungkapkan gagasan pembuatan Kampung Warna-Warni berasal dari warga setempat yang ingin menjadikan kawasan perkampungan mereka lebih indah dan tertata.

“Remaja dan karang taruna kita arahkan untuk mengeksplorasi kreatifitas mereka. Sebelumnya tembok-tembok itu tidak terawat bahkan jadi tempat aksi vandalims. Makanya warga berpikir kenapa tidak sekalian saja dibuat sebuah konsep perkampungan yang berbeda dengan yang lain,” ujar Satia, Selasa (16/1/2018).

Satia mengatakan, di konsep kampung warna-warni akan dipadukan dengan penghijauan kawasan perkampungan.

Dengan ini, warga terdorong untuk merapihkan halaman rumah mereka termasuk ikut mengecat pagar depan dan menaruh tanaman untuk menunjang konsep yang ditentukan sebelumnya.

Satia menuturkan, masyarakat sangat antusias dalam menyambut ide Kampung Warna Warni ini.

Bahkan, mereka pun secara swadaya bahu membahu untuk membangun kampung tersebut.

“Semua itu dari swadaya masyarakat, tidak ada yang dari pemerintah,” ungkapnya.

Satia menjelaskan, adanya Kampung Warna Warni juga membuat masyarakat yang memiliki kemampuan melukis merasa terakomodir kemampuannya.

“Jadi, bagi mereka yang punya bakat melukis, kita juga bikin spot-spot lukisan tiga dimensi. Di dalam lukisan itu kita selipkan tema-tema motivasi buat warga. Contohnya seperti mengenai kebersihan di dalam lingkungan masyarakat,” tuturnya.

Satia memiliki target bahwa kedepannya, Kelurahan Lenteng Agung akan menjadi Kampung Warna Warni secara keseluruhan.

“Selain itu, ke depan akan kita kembangkan lagi dengan industri. Jadi bagi warga yang datang ke situ tidak hanya selfie-selfie saja tapi bisa juga belanja. Ini sejalan dengan kebijakan gubernur (Anies Rasyid Baswedan), terkait dengan enterpreneurship di OK OCE,” imbuhnya.

Sementara itu, Jamal selaku Ketua RW04 menambahkan, warga di sejumlah RT yang ia pimpin sangat antusias dengan program ini.

Bahkan, warga antusias untuk mempercantik pekarangan mereka dengan menorehkan cat warna-warni pada pagar rumah.

“Warga semangatnya sangat luar biasa. Saat ini di tiga RT yakni RT08,09 dan RT12 sudah separuhnya jadi. Gang-gang sudah makin cantik dan tertata,” ujarnya.

Jamal menambahkan, pihaknya sekaligus juga melakukan kampanye penghijauan maupun urban farming kepada warga yang masih memiliki sisa pekarangan.

“Intinya bagaimana kita mengedukasi masyarakat bagaimana merubah kampung kumuh menjadi bersih dan tertata,” imbuhnya.

Sementara itu, Bambang Eko Prabowo selaku Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Jakarta Selatan mengapresiasi konsep Kampung Warna Warni yang digagas oleh masyarakat Lenteng Agung.

“Konsep itu selaras dengan penataan kampung yang sedang kami galakkan saat ini. Memang, wilayah Jagakarsa, khususnya Lenteng Agung, tidak masuk dalam prioritas penataan kampung kumuh namun lurah setempat berinisiatif menyelaraskan konsep Kampung Warna Warni dengan semangat penataan kota dan lingkungan,” ujarnya.

Bambang berharap konsep Kampung Warna Warni di Lenteng Agung bisa dicontoh oleh kawasan lainnya sebagai upaya menata perkampungan dan memperbaiki kualitas lingkungan hidup masyarakat.

“Dengan adanya penataan dan penghijauan tentunya masyarakatnya akan terbiasa hidup bersih dan sehat,” ungkapnya.

Source :

wartakota

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


nineteen + 3 =