Ketahui Faktor Pemicu Timbulnya Batu Ginjal yang Jarang Disadari

Source : internet

 

APA yang ada di pikiran Anda saat mendengar batu ginjal? Sesuatu yang mengganjal dan sudah semestinya dihilangkan, bukan? Tidak hanya itu, jika batu sudah muncul, maka ada kemungkinan untuk timbul masalah baru yang lebih serius.

Penyakit batu ginjal sebetulnya muncul karena kebiasaan buruk Anda. Salah satunya adalah kurangnya asupan air putih yang cukup per harinya dan juga konsumsi makanan pemicu munculnya batu ginjal tersebut.

Nah, apa saja makanan dan minuman yang ternyata bisa memicu batu ginjal?

Dijelaskan Dokter Spesialis Urologi RS Pondok Indah – Pondok Indah dr. Hery Tiera, Sp.U, batu ginjal disebabkan oleh faktor luar tubuh. Jadi, bisa dikatakan kebiasaan Anda lah yang menyebabkan batu tersebut muncul di tempat yang semestinya steril.

Ada beberapa makanan dan minuman yang ternyata bisa memicu munculnya batu. Sebut saja minuman yang kaya akan kalsium.

“Mereka yang mengonsumsi susu dengan kandungan kalsium tinggi memiliki risiko masalah ini. Kelebihan kalsium akan meninggalkan kristal di dalam ginjal dan batu ginjal pun muncul,” terangnya pada awak media di Diskusi Kesehatan “Nyeri Pinggang” Gejala Batu Ginjal atau Bukan? di bilangan Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2018).

Dr. Hery melanjutkan, tidak hanya susu tinggi kalsium yang bisa menyebabkan munculnya batu ginjal, Anda yang doyan makan kacang-kacangan juga menjadi kelompok risiko masalah ini. Apalagi jika Anda mengonsumsi kacang-kacangan ini setiap hari, maka semakin tinggi risiko terbentuknya kristal di ginjal.

Makanan kacang-kacangan ini berisiko karena kebanyakan dari jenis makanan ini mengandung zat yang menyebabkan asam urat, dan asam urat ini menjadi faktor pemicu batu ginjal juga.

“Sebut saja tahu, tempe, ketoprak, gado-gado, dan jenis makanan dari kacang lainnya,” sambung dr. Hery.

Tidak berhenti di sana, dr. Hery menambahkan bahwa makanan yang tinggi oksalat juga berbahaya. Sebab, oksalat bisa memicu kristalisasi di dalam tubuh. Makanan yang mengandung oksalat tinggi ini misalnya daging merah, daging sapi, kambing, atau babi.

“Yang mesti diperhatikan lebih serius lagi adalah konsumsi air putih yang cukup. Ini sebetulnya yang menjadi kuncian dari penghalang masalah batu ginjal. Semakin Anda rutin mengonsumsi air putih, maka risiko batu ginjal pun semakin minim. Jangan malas minum air putih,” tegasnya.

Source :

okezone

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


seven − five =