Ini Lima Artis yang Didatangi KPU Depok, Dalam Coklit Serentak Hari Ini

Source : Wartakota

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) di seluruh wilayah yang menggelar Pilkada mulai melakukan kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) serentak, pada Sabtu 20 Januari 2018, hari ini.

Coklit serentak ini juga dilakukan di Kota Depok yang akan menggelar Pilgub Jabar 2018.

Di hari pertama coklit, KPU Depok bersama petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) dan didampingi PPK serta PPS tingkat kecamatan dan kelurahan, menyasar sejumlah artis yang terdata sebagai warga Depok dan memiliki hak pilih, untuk dicoklit.

“Pada coklit serentak atau coklit hari pertama, Sabtu ini, ada 5 artis yang kami datangi ke kediamannya di Depok. Ini bagian dari sosialisasi Pilgub Jabar, lewat artis dan publik figur,” kata Ketua KPU Depok Titik Nurhayati, kepada Warta Kota, Sabtu (20/1/2018).

Lima artis warga Depok yang didatangi petugas dalam coklit serentak atau coklit hari pertama ini kata Titik, adalah artis penyanyi religi Hadad Alwi di Cinere, aktris dan penyanyi lawas Titi Qadarsih di Sawangan, artis penyanyi Enno Lerian yang tinggal di Cimanggis, pesinetron sekaligus anggota DPR RI Lucky Hakim, serta pelawak Udin Nganga alias Muhidin di Beji.

“Pada coklit di hari lainnya kami juga akan sambangi artis dan publik figur lain yang tinggal di Depok,” kata Titik.

Titik menjelaskan pihaknya sengaja menyasar sejumlah artis dan tokoh masyarakat atau publik figur dalam coklit atau pencocokan dan penelitian serentak Pilgub Jabar 2018, mulai Sabtu (20/1/18) ini.

Hal itu dilakukan sebagai bagian untuk mensosialisasikab Pilgub Jabar 2018 ditengah kekhawatiran KPU Depok akan rendahnya partisipasi pemilih.

Sebab hari pencoblosan 27 Juni 2018 yang telah ditetapkan dalam Pilgub Jabar mendatang, kata Titik hanya sekitar sepuluh hari setelah Idul Fitri 2018. Dimana dikhawatirkan saat itu masih banyak warga Depok yang mudik ke kampung halaman dan tidak akan menggunakan hak pilihnya.

Selain lima artis yang didatangi hari ini katanya ada sejumlah artis dan publik figur lain yang akan disambangi pihaknya.

Diantaranya Iwan Fals yang tinggal di Leuwinanggung, Tapos, Depok; Ayu Ting-ting di Sukmajaya, Depok; Menaker Hanif Dhakiri di Beji, Depok; Camelia Malik di Pangkalan Jati, Cinere, Depok, serta lainnya.

Menurutnya para artis dan publik figur ini diharapkan turut mensosialisasikan Pilgub Jabar ke masyarakat Depok, untuk mendongkrak partisipasi pemilih warga Depok.

Titik mengakui bahwa pihaknya cukup mengkhawatirkan rendahnya tingkat partisipasi pemilih warga Depok dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) yang pencoblosannya digelar serentak 27 Juni 2018.

Sebab kata dia hari pencoblosan yang telah ditetapkan itu, hanya sekitar sepuluh hari setelah Idul Fitri 2018.

“Karena tradisinya kan ada mudik saat Lebaran. Sehingga yang kami khawatirkan, banyak warga masih mudik dan lebih memilih melanjutkan liburan Idul Fitri di kampung halaman saat pencoblosan. Apalagi saat itu, anak sekolah juga masih libur,” kata Titik, Jumat (19/1/2018).

Karenanya kata Titik pihaknya sedang menggodok dan mencari strategi yang tepat agar warga Depok segera kembali ke Depok usai mudik, supaya dapat melakukan pencoblosan Pilgub Jabar.

“Jadi yang kami khawatirkan kali ini, pada tingkat partisipasi warga saja. Mengenai logistik, sarana dan lainnya, saya rasa tidak akan ada masalah. Kami optimis tidak akan ada kekurangan logistik Pilgub Jabar di Depok,” katanya.

Menurut Titik, dari data KPU Depok tercatat ada 1,3 juta pemilih warga Depok yang telah terdaftar di DP4 Pilguh Jabar. “Mereka juga telah memiliki e-KTP. Untuk yang belum memiliki e-KTP, sekitar 100 Ribu orang,” kata dia.

Dengan mendatangi tokoh dan publik figur yang tercatat sebagai warga Depok, dan yang dianggap sebagai opinion leader, KPU berharap menjadi strategi efektif meningkatkan partisipasi pemilih di Depok.

“Ini untuk membantu kami juga menyosialisasikan Pilgub Jabar, agar tingkat partisipasi warga Depok tidak rendah seperti yang kami khawatirkan,” kata Titik

Source :

wartakota

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


two + 2 =