Cukup Bayar Rp50 Ribu, Nikmati Durian Sepuasnya di Desa Ini

Source : internet

 

Festival durian yang diselenggarakan di sekeliling Embung Abimanyu, Desa Ngropoh, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung, Sabtu, diikuti oleh puluhan pedagang dan petani durian.

“Festival ini sekaligus menjadi sarana promosi wisata Desa Ngropoh,” kata Kepala Desa Ngropoh Haryono.

Festival durian tersebut diawali prosesi kirab gunungan durian dan gunungan hasil bumi dari Balai Desa Ngropoh menuju Embung Abimanyu. Kedua gunungan tersebut kemudian diperebutkan para pengunjung.

Selain bisa membeli durian untuk dibawa pulang, dalam festival tersebut pengunjung bisa menikmati durian sepuasnya dengan membayar Rp50 ribu per orang. Melalui kegiatan ini pihaknya ingin memperkenalkan potensi Desa Ngropoh.

“Desa kami merupakan sentra penghasil durian dan di desa kami juga terdapat embung dengan pemandangan yang indah di sekitar kawasan embung,” katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Kabupaten Temanggung Agus Sarwono mengatakan bahwa festival durian ini sudah berlangsung selama 3 tahun berturut-turut.

(Baca Juga: Ramalan Menggemparkan Baba Vanga dan Nostradamus yang Diprediksi Akan Terjadi di 2018)

“Memang Desa Ngropoh dan sekitarnya ini produk durian lokal memang cukup banyak sehingga setiap tahun diselengarakan festival durian untuk memasyarakatkan durian Ngropoh ini,” katanya.

Agus Sarwono mengatakan bahwa pihaknya mendukung pengembangan Desa Ngropoh sebagai desa wisata.

Guna mendukung hal tersebut, pihaknya telah mengundang tim dari Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Yogyakarta untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang budi daya tanaman buah-buahan unggul.

(Baca Juga: 4 Fakta Buah Durian Belum Banyak Diketahui, Salah Satunya Tingkatkan Energi)

“Selain itu, masyarakat juga dilatih bagaimana durian bisa berbuah bukan pada musimnya. Kalau saat musim buah, di mana-mana ada buah sehingga harganya murah. Kalau durian bisa berbuah di luar musimnya, dan harganya juga akan lebih mahal,” katanya.

Ia menuturkan bahwa nantinya di Ngropoh selain ada durian lokal, juga ada durian unggul. “Harapan kami ke depan Ngropoh dan sekitarnya akan menjadi terkenal karena paket pariwisata dan agropolitannya,” katanya.

 

Source :

okezone

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


8 − 1 =