Waspada, Kandungan Berbahaya di Lipstik Bisa Rusak Otak

Source : internet

 

Lipstik merah identik dengan rona seksi sekaligus anggun. Tak heran, warna lipstik merah menjadi kegemaran kaum wanita. Tetapi, di balik beberapa produk lipstik yang Anda gunakan, ternyata terdapat kandungan bahan kimia berbahaya yang patut diwaspadai.

The Food and Drug Administration dan Campign for Safe Cosmetic memulai penelitian terkait lipstik merah sejak tahun 2007 dengan hasil 61 persen dari 33 merek lipstik populer positif memiliki kandungan bahan kimia berbahaya.

Studi lanjutan yang dilakukan oleh FDA pada 2010 silam, menemukan kandungan racun berbahan metal di lipstik merah yang mencakup chromium, aluminum, dan manganese.

“Kontaminasi timbal pada lipstik ini bisa berdampak buruk pada ibu dan anak-anaknya. Bahkan, kandungan bahan kimia berbahaya juga ditemukan di produk untuk pria seperti pewarna rambut,” ujar Direktur Kebijakan dan Program di Breast Cancer Prevention Partners, Janet Nudelman.

Dipaparkan peneliti, bahan kimia ini bisa memicu gangguan pada fungsi otak. Hal ini tentu berbahaya bagi anak-anak di usia muda yang menggunakan dan terpapar lipstik, karena otaknya masih dalam proses berkembang.

Walau hanya dalam jumlah kecil, kandungan bahan kimia tersebut bisa memicu bahaya seperti peningkatan tekanan darah dan anemia. Bahayanya lagi, paparan yang sudah berlebihan, bisa menyebabkan kerusakan pada otak, ginjal, dan organ lainnya hingga mengancam jiwa.

“Anda bisa menghindari hal itu dengan melihat kandungan di dalam lipstik atau produk kecantikan lain. Dengan lebih jeli melihat kandungan di dalam produk favorit, bisa menjaga kesehatan Anda,” ujar Nudelman.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


twenty − 18 =