TNI AU Ungkap Kunci Kelancaran Pendistribusian Bantuan ke Palu dan Donggala

liputan6.com

 

Liputan6.com, Jakarta – Panglima Komando Operasi TNI AU (Pangkoopsau) Marsekal Muda TNI Nanang Santoso mengungkapkan, pendistribusian bantuan untuk korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan wilayah sekitarnya di Sulawesi Tengah, lancar berkat koordinasi ketat dan komunikasi yang baik.

“Koordinasi di lapangan ketat, komunikasi sehat, baik pesawat dalam dan luar negeri semua bisa teratasi baik, bahu membahu,” ujar Nanang di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (6/10/2018).

Nanang menjelaskan, TNI AU melalui Komando Gabungan Satuan Udara (Kogasud), bertugas untuk mengirim, mengkoordinasi angkutan udara untuk distribusi bantuan ke Palu, Donggala dan daerah sekitarnya.

“Jadi lewat pesawat TNI AU dan juga beberapa pesawat negara sahabat telah hadir, berkisar 18 pesawat itu ikut berperan serta, pendistribusian barang dibutuhkan oleh saudara kita di Palu, Sigi, Donggala,” jelas jenderal bintang dua ini.

Ditentukan Kondisi Lapangan

Secara teknis, masuk dan penyaluran bantuan ditentukan oleh situasi kondisi di lapangan. Seperti kecepatan unloading, deployment, dari masing-masing pesawat.

“Kami juga perhatikan cuaca, tapi selama 8 hari ini cuaca bersahabat,” Nanang menyudahi.

Source :

liputan6.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


16 − 15 =