Ternyata Ini Alasan Kenapa Kita Bersendawa Saat Minum Soda

Source : internet

 

Setelah minum soda, tak lama kemudian kita akan bersendawa. Namun, apa yang sebenarnya memicu sendawa tadi?

Dikatakan bahwa sendawa setelah minum soda adalah penanda mekanisme tubuh sedang bekerja melepaskan kelebihan gas dalam sistem pencernaan kita.

Saat kita menelan makanan atau minuman, sebenarnya bukan cuma makanan atau air saja yang masuk ke dalam tubuh. Sejumlah udara yang mengandung nitrogen dan oksigen juga ikut masuk ke dalam tubuh.

Nah, beberapa minuman termasuk minuman bersoda, juga memiliki kandungan karbon dioksida. Hal inilah yang menyebabkan kita bisa bersendawa.

Gelembung kecil dalam soda

Seperti yang kita tahu, soda merupakan minuman berkarbonasi yang memiliki gelembung-gelembung kecil.

Gelembung-gelembung itu sebenarnya adalah sejumlah kecil karbon dioksida yang telah dicampur ke dalam air selama proses produksi minuman. Saat minuman bersoda diminum, maka karbon dioksida akan berkumpul di dalam perut.

Dalam artikel tersebut, disebutkan bahwa semakin banyak soda yang diminum, maka akan semakin banyak gelembung karbon dioksida yang masuk ke sistem pencernaan.

“Saat gas dalam jumlah tertentu berkumpul, maka tubuh harus segera mengeluarkannya. Salah satu caranya adalah dengan bersendawa,” tulis artikel tersebut.

Makan dan minum dengan sangat cepat

Saat seseorang meminum soda dengan sangat cepat, hal ini akan meningkatkan jumlah udara yang masuk ke dalam tubuh saat kita meminumnya sehingga bukan tidak mungkin, kita bisa bersendawa dengan keras.

Hal yang sama juga terjadi saat kita menelan makanan dan minuman lain dengan cepat. Proses ini membuat lebih banyak udara berkumpul di dalam pencernaan dan membuat kita merasa seperti ada sesuatu yang mengganjal di kerongkongan, dada, dan perut.

Selain itu, minum dengan menggunakan sedotan juga dapat meningkatkan ukuran dan jumlah gelembung udara yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini akan membuat gas keluar lebih banyak setelah minum soda.

Terlalu banyak makan dan minum

Selain makan atau minum dengan cepat, terlalu banyak makan dan minum juga dapat memengaruhi sendawa. Makan terlalu banyak akan membuat perut penuh dan mengharuskan ada sedikit rongga kosong dengan mengeluarkan gas.

“Bila anda makan terlalu banyak makanan seperti susu, brokoli, atau kacang panggang, maka gas yang dikeluarkan akan lebih kuat,” tulis artikel yang dilansir dari Gastroenterology Associates.

Saat kita meminum soda, maka penumpukan karbon dioksida dalam jumlah besar tidak dapat dihindari. Selain membuat sendawa, soda juga dapat membuat perut kembung ringan sampai parah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


thirteen + seven =