Survei KedaiKopi: Elektabilitas TGB Naik

Foto: via Kompas//KristiantoPurnomo

 

JAKARTA  —  Lembaga Survei KedaiKopi (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia) menemukan tren elektabilitas Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi meningkat dalam beberapa waktu terakhir. Founder Lembaga Survei KedaiKopi Hendri Satrio dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, mengatakan pihaknya melakukan survei di 10 provinsi pemilik suara terbanyak pada 3 hingga 7 Juli 2018.

“Survei kami mendapatkan hasil bahwa TGB Zainul Majdi menempati urutan teratas sebagai Cawapres Jokowi yang paling santri,” ungkapnya. Sebanyak 1.148 responden yang terlibat pada survei ini 34,1% menempatkan TGB Zainul Majdi paling memiliki persepsi santri.

Selanjutnya ada nama Romahurmuzy (27%), Muhaimin Iskandar (22,9%), Mahfud MD (7%), Din Syamsudin (6,1%), dan Said Aqil Siroj (2,9%). Ia mengatakan, elektabilitas TGB Zainul Majdi jika dibandingkan dengan hasil survei KedaiKOPI pada 12-27 Maret 2018 mengalami peningkatan.

Pada elektabilitas cawapres dengan pertanyaan terbuka, elektabilitas TGB naik dari 4,4% menjadi 7,3%. Sedangkan pada elektabilitas cawapres dengan pertanyaan tertutup, naik dari 6,2% menjadi 8,2%. Jadi, tren elektabilitas TGB selalu meningkat dari waktu ke waktu. Bahkan diprediksi akan terus naik pasca-kabar mundurnya TGB dari Demokrat.

“Sangat mungkin bila Presiden Jokowi menelaah hasil survei ini maka TGB Zainul Majdi menjadi tokoh yang paling berpeluang mendampingi Jokowi di 2019,” ujarnya. Kesimpulan ini kata dia, didapatkan setelah melihat hasil pertanyaan lain yang menyebutkan bahwa tingkat religiusitas Jokowi dipersepsikan publik belum tinggi.

Sejauh ini TGB menjadi salah satu pemimpin yang pernah dua periode memimpin NTB. Ketokohan TGB bahkan populer bersanding dengan nama tokoh lain yang akrab dikenal masyarakat seperti Habib Rizieq, AA Gym, Abdul Somad, Ma’ruf Amin, Said Agil Shiraj, Mustafa Bisri, dan sederet nama lainnya

Source :

InvDaily

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


six + two =