Sluurp! Gurihnya Binthe Biluhuta, Sup Jagung Ikonik Gorontalo

Source : internet

 

Tak sekedar berbahan jagung saja. Racikan sup jagung khas Gorontalo ini bahannya serba segar dan rasanya gurih enak saat dinikmati hangat. Mantap!

Sup ini bukanlah sup biasa. Selintas tak beda dengan sup jagung umumnya. Yang membuatnya jadi unik karena sup ini memakai jagung khas Gorontalo. Bulir jagungnya putih dengan rasa gurih kenyal.

Jenis jagung Gorontalo ada berbagai macam. Yang banyak dikenal adalah jenis jagung hibrida, seperti umumnya jagung manis berwarna kuning. Sedangkan yang putih, merupakan jagung asli Gorontalo disebut pulut atau binthe pulut. Ini karena teksturnya kenyal lembut seperti ketan.

Selain pulut ada jenis jagung asli Gorontalo lainnya. Seperti jagung bonia. Jagung ini mirip jagung Meksiko dengan tiga warna dalam bonggol jagung. Kuning, ungu dan putih, berjajar cantik. Konon jagung ini dihasilkan dari hasil penyerbukan silang jagung pulut dan motoro kiki.

Jagung motoro kiki juga jagung asli Gorontalo. Sayangnya jenis jagung ini nyaris punah. Sementara jagung bonia dan momala, jenis jagung asli Gorontalo sudah dinyatakan punah. Di pasar tradisional jenis jagung hibrida dan pulut banyak dijajakan. Baik dalam kulit, dikupas, diserut, kering atau ditumbuk kasar.

Seperti namanya ‘binthe’ yang berarti jagung dan ‘biluhutha’ artinya disiram. Sup jagung atau jagung siram ini terdiri dari biji jagung utuh yang direbus hingga empuk. Proses pembuatannya sangat mudah, seperti diperagakan oleh Ibu Narti dari RM Syakinah di Gorontalo, Minggu (11/3).

Dalam acara yang bertajuk Gorontalo Mini Food Festivalini disajikan beragam kuliner dan camilan khas Gorontalo lengkap dengan kopinya. Sajian ini dibuat ‘a la minute’. Biji jagung pulu direbus dalam air secukupnya hingga lunak dan empuk. Selanjutnya disiapkan ikan, terung, tomat, suwiran daging ikan, minyak kelapa, garam dan merica serta sambal sebagai pelengkapnya.

Saat akan disajikan bahan-bahan diracik dalam mangkuk dan disiram dengan jagung dan air perebusnya. Lalu disajikan panas dengan sambal. ‘Jenis ikan yang dipakai bisa apa saja. Kami memakai minyak kelapa buatan sendiri untuk memberikan rasa gurih pada sup ini,’ komentar ibu Narti sambil meracik isian sup.

Rasa jagungnya kenyal lembut dengan kuah yang gurih ringan. Diselingi gurih ikan dan segarnya tomat dan terung. Selain enak disantap hangat, jagung yang jadi bahan utama juga kaya nutrisi.

Kandungan serat, karbohidrat dan vitamin C yang sangat baik menambah daya tahan tubuh. Saking populernya binthe biluhuta, ada lagu daerah berjudul sama yang sering dinyanyikan sambil menikmati semangkuk binthe biluhuta.

Binte biluhuta
ula ulau loduwo wanu
olamita ngoinda mopulito

Source :

detik

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


20 − eighteen =