Pro Kontra Aksi Jokowi di Pembukaan Asian Games 2018

liputan6

 

Liputan6.com, Jakarta – “Jokowi, Jokowi, Jokowi,” teriak puluhan ribu penonton yang memenuhi Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8/2019).

Teriakan itu mengiringi tayangan video Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang keluar dari Istana Bogor menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno yang diputar pada pembukaan Asian Games 2018.

Menaiki mobil RI-1, Jokowi menuju SUGBK dengan kawalan ketat Paspampres. Dia sempat melewati jembatan Semanggi, Jakarta dan terjebak macet.

Tak kehabisan akal, sosok yang digambarkan sebagai Jokowi itu turun dari mobil dan menggunakan sepeda motor milik Paspampres.

Motor yang ditungganginya bahkan melompati mobil-mobil untuk menembus kemacetan. Dia juga melewati gang-gang sempit di area pemukiman.

Paspampres lalu menyusul dan sempat terhenti di depan sekolah. Jokowi pun turun dari motornya untuk memberi jalan kepada rombongan anak sekolah berseragam Pramuka yang akan menyeberang. Seorang pelajar sempat terperangah ketika menyaksikan Jokowi membuka kaca helmnya.

Lepas dari kemacetan, Jokowi kemudian kembali dikawal oleh rombongan Paspampres yang menaiki sepeda motor. Diceritakan, Jokowi tiba di SUGBK tepat ketika acara pembukaan akan dilangsungkan.

Jokowi pun langsung masuk ke stadion masih dengan tunggangannya sembari melambaikan tangan.

Diperlihatkan pula, sosok yang digambarkan sebagai Jokowi kemudian memarkir motornya dan kemudian masuk lift dengan pengawalan Paspampres menuju panggung upacara. Tepat ketika pintu lift terbuka, sosok asli Jokowi pun muncul di panggung utama dan mendapat sambutan meriah.

Jokowi langsung disambut Ketua Inasgoic Erick Thohir, Wapres Jusuf Kalla, Menpora Imam Nahrawi, serta Menko PMK Puan Maharani.

Usai menyalami para tamu lainnya, Jokowi kemudian duduk di sebelah Ibu Negara Iriana Jokowi yang sudah lebih dulu tiba di panggung utama. Namun, teriakan serta tepuk tangan dari penonton atas kehadiran Jokowi masih berlanjut.

Meski aksi tersebut dilakukan stuntman, hal itu tetap mendapatkan pujian dari warganet.

Intro Opening Ceremony Asian Games 2018 kereeeeeeeeen!! Pak Jokowi saya juga suka kemana-mana naik motor lho,” tulis penyanyi Indonesia yang sudah go internasional, Anggun C Sasmi, di akun Twitter nya @Anggun_Cipta.

Bayangkan memiliki presiden seperti ini,” tulis akun @hommezen.

Ok… saya speechless… liat Pak Jokowi bisa burn out, jumping, bahkan stoppie di atas moge Yamaha FZ-1R pada Opening Ceremony Asian Games 2018,” tulis akun @halvxrra.

Jokowi anak motor cuy, gilaaaa sih. Se-GBK teriak Jokowi Jokowi semua, merinding parah,” tulis akun @adawiyahriwan.

Kontra

Tak hanya menjadi magnet pemberitaan di Indonesia, pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta juga disorot dunia. Sejumlah media asing mengabarkan momentum tersebut.

Dalam artikel berjudul, Asian Games 2018: Indonesia celebrates heritage, traffic, world peace at opening ceremony, situs media India The Hindu mengungkapkan, pembukaan ajang tersebut menunjukkan Indonesia dalam berbagai sisi.

“Dari soal keramaian lalu lintas, warna-warni budaya, pesan bagi perdamaian dunia — Indonesia memadukan semuanya dalam pembukaan Asian Games ke-18 di Jakarta yang semarak dan bersemangat.”

The Hindu menyoroti aksi Jokowi yang naik motor gede ke GBK, setelah konvoi kendaraannya terjebak macet di Jakarta.

Media tersebut juga menyoroti bersatunya delegasi Korea. “Mengulang adegan menyentuh dalam Olimpiade Musim Dingin, sekali lagi, menyampaikan pesan perdamaian dunia di tengah terobosan diplomatik baru-baru ini.”

Sementara, dalam artikel berjudul Highlights of opening ceremony of 18th Asian Games in Jakarta, situs media China Xinhua memajang foto-foto yang diambil dari pembukaan Asian Games 2018, di antara aksi sejumlah penari yang mewarnai perayaan tersebut.

Media Jepang, Japan Times memuat artikel berjudul Indonesia raises curtain on Asian Games menyoroti aksi Jokowi dan pengamanan yang diterjunkan di tengah acara dan bersatunya kontingen dua Korea.

Namun, tak semua orang mendukung aksi Presiden Jokowi. Sejumlah orang mempertanyakan penampilan Jokowi yang mengendarai motor gede saat pembukaan Asian Games 2018.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto meminta penampilan Presiden Jokowi mengendarai motor gede saat pembukaan Asian Games 2018 dilihat dari kaca mata yang komperhensif.

“Bukan hanya sekadar pencitraan, enggak, satu kepaduan antara sikap dan tindakan,” papar Hasto di Jalan Cemara, Menteng, Minggu (19/8/2018).

Menurut dia, ada pesan yang ingin disampaikan Jokowi dalam penampilannya. Hal itu lebih penting ketimbang mempersoalkan pertanyaan yang muncul di publik soal apakah Jokowi benar-benar mengendarai motor atau menggunakan pemeran pengganti atau stuntman.

“Yang kita lihat adalah pesannya bagaimana seorang pemimpin memberikan kesempatan,” kata Hasto.

Semangat Persaudaraan

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/8/2018) malam WIB. Jokowi mengusung semangat persaudaraan dalam menggelar Asian Games 2018.

Asian Games 2018 berlangsung 18 Agustus hingga 2 September 2018. Jakarta-Palembang menjadi kota penyelenggara multievent olahraga antarnegara di Asian tersebut untuk tahun ini.

Jokowi menekankan para peserta untuk tidak melupakan persaudaraan selama persaingan di Asian Games 2018. Dia yakin momentum ini memperkuat ikatan persaudaraan di Indonesia.

“Dalam setiap pertandingan memang selalu diwarnai kompetisi, namun makna yang sebenarnya adalah membangun daya juang dan pengorbanan dengan semangat persaudaraan,” terang Jokowi dalam buku panduan pembukaan Asian Games 2018.

“Melalui pertandingan ini kita berharap akan semakin kokohnya semangat kebangsaan,semangat nasionalisme dan tali persaudaraan yang dipadu dengan jiwa besar, sportivitas dan kerja sama,” ujarnya, lagi.

Sebanyak 40 cabang olahraga akan dipertandingkan di Asian Games 2018. 45 negara menjadi peserta di Asian Games edisi yang ke-18 ini.

Source :

liputan6

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


17 + 19 =