Peringati Hari AIDS Sedunia, Jangan Lupa Tes HIV ke Dokter Ya!

Bertepatan dengan momen Hari AIDS Sedunia, Anda harus memahami pencegahan risiko tertularnya penyakit tersebut.

Foto: Hindustantimes

 

Bertepatan dengan momen Hari AIDS Sedunia, Anda harus memahami pencegahan risiko tertularnya penyakit tersebut. Masyarakat perlu mengerti, khususnya melakukan deteksi dini atau tes HIV.

Virus HIV mudah ditularkan kepada siapa saja, namun hanya dalam kegiatan tertentu. Misalnya pasangan yang tidak setia dalam berhubungan seks, pilih seks sesama jenis, penggunaan jarum suntik lebih dari sekali pakai, narkoba, ibu hamil ke bayinya, dan lain sebagainya.

Karena itu, masyarakat perlu melakukan pencegahan infeksi dan penularan HIV. Ada lima caranya yang bisa Anda simak berdasarkan paparan dalam siaran pers Kementerian Kesehatan yang diterima, Sabtu (1/12/2018).

Setia dengan satu pasangan dalam berhubungan seks

Setia pada pasangan adalah kunci terpenting mencegah penularan HIV. Bagi yang belum pernah melakukan perilaku berisiko, pertahankan perilaku aman. Hal itu jadi salah satu pertahanan yang wajib dilakukan oleh setiap pasangan.

Cek rutin status HIV

Kalaupun Anda sudah pernah melakukan perilaku berisiko, seperti berhubungan seks yang tidak setia, penggunaan jarum suntik, dan sebagainya, lakukan tes HIV segera! Cara itu penting demi meminimalisir penularan penyakit, meskipun ada obatnya yang bisa bikin Anda sembuh.

Berhubungan seks dengan kondom

Bila hasil tes HIV Anda positif, selalu gunakan kondom saat berhubungam seksual. Patuhi juga petunjuk dokter dan minum obat ARV, agar hidup tetap produktif walaupun positif HIV.

Jangan coba stigma ODHA

Jika bertemu orang dengan HIV/AIDS atau ODHA, bersikaplah wajar dan jangan mendiskriminasi. Apalagi Anda memberikan cap negatif padanya. Lebih baik berikan dukungan agar tidak putus minum obat dan mereka dituntut untuk lebih mawas diri.

Sikap biasa saja saat bertemu ODHA

Jika berinteraksi dengan ODHA, jangan takut tertular ya! Karena virus HIV tidak menular baik itu melalui sentuhan, keringat, maupun berbagi makanan. HIV hanya menular melalui cairan kelamin dan darah, dan itulah yang wajib Anda waspadai.

Source :

Okezone

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


thirteen + 14 =