Pensiunan PNS Depok Ini Tinggal di Rumah Mirip Kandang Kambing

Source: Internet

 

Lima tahun lebih pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Depok,  Tohir, 72, warga  04/03, Kelurahan  Sukatani, Tapos, tinggal di gubuk yang dibangun dengan triplek,  kayu, dan genteng bekas, layaknya kandang kambing.

Kondisi bangunan yang tak kayak  dengan hanya satu kamar,  memang sangat miris dilihatnya, terlebih harus dihuni tiga anak dan istri. Ruangan kamar tamu di rumahnya diisi dengan i tempat duduk terbuat dari kayu serta bambu.

Pensiunan staf pegawai pembangunan di Kecamatan Pancoran Mas ini sudah lima tahun lebih mereka tinggal di rumah seperti kandang kambing  karena terpaksa ditempatinya karena sudah tidak mampu bayar kontrakan.

“Kami tidak dapat berbuat apa-apa mas..! Jangankan untuk ngontrak, untuk makan sehari-hari kami mesti mengandalkan pemberian tetangga. Terkadang nasi yang kami makan ditemani dengan daun singkong dan daun meninjo,” ujarnya saat dikunjungi Babinsa Sukatani Koramil 06/Cimanggis  Kodim 0508/Depok, Serka Ramadhani.

Meski merasa tidak nyaman tinggal di rumah seperti kandang kambing dan bocor saat hujan turun, Tohir mengaku tidak bisa berbuat apa-apa karena perekonimian yang sulit. Namun demikian, Tohir yang hanya menerima gaji pensiunnya Rp. 100.000 tetap berjuang keras agar ke 3 anaknya dapat makan dan bersekolah.

“Ya, mau dikata apa lagi mas, jalani aja hidup ini. Dua tahun lalu saya masih menerima gaji pensiunan 1,7 juta. Tetapi karena dipotong hutang yang masih tersisa tujuh tahun lagi, hanya terima seratus ribu,” ujarnya sambil menahan air mata karena haru dikunjungi anggota TNI khususnya Babinsa Koramil 06/Cimanggis.

Dibuatkan MCK

“Alhamdulillaah, ada yang peduli dengan keluarga kami. Hari ini kami dikunjungi bapak dari Koramil Cimanggis, Kodim Depok. Katanya mau dibuatin jamban atau MCK.  Terima kasih atas kebaikan hatinya, atas bantuannya. Semakin yakin bahwa TNI dekat dengan rakyat,” pungkas Tohir.

Sementara itu,  Babinsa Sukatani Serka Ramadhani,  mengatakan kedatangan ke rumah Tohir untuk melihat langsung kondisi dan suasana lingkungan rumah yang selama ini dihuni.  “Kondisi memang tidak layak huni selain bangunan terbuat dari bahan bekas juga tidur bertumpuk satu kamar, ” ujarnya.

Tidak itu saja,  tambah dia,  untuk senitrasi atau mandi cuci kakus sama sekali belum ada sehingga jajaran Kodim 0508/Depok melalui Koramil Cimanggis akan membantu membuatkan MCK serta menata rumahnya agar layak huni nantinya.

Source :

Anton

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


thirteen + four =