Pemerintah Pusat Turun Tangan Bersihkan Kali Item

Foto: Eva Savitri/detikcom

 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengambil alih pengelolaan Kali Item di dekat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Kali Item belakangan ini menjadi sorotan karena baunya dan ditutup waring berwarna hitam.

Mengutip akun Instagram Kementerian PUPR @kemenpupr, Jakarta, Jumat (27/7/2018), dijelaskan bahwa Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane bersama Dinas Pekerjaan Umum berupaya mengurangi bau di Kali Item. Upaya tersebut dilakukan dengan membuka pintu air Gang Kelor (PA Sentiong).

“BBWS Ciliwung Cisadane bersama Dinas PU Pemprov DKI Jakarta tengah melakukan upaya untuk mengurangi bau di Kali Sentiong dengann penggelontoran Kali Sentiong dengan cara membuka pintu air Gang Kelor (PA Sentiong),” tulis keterangan Kementerian PUPR.

Selain itu, secara paralel juga dilakukan pengalihan aliran air Kali Item ke Kali Sunter dengan cara dipompa. Hal ini diharapkan bisa mengurangi debit air kotor yang masuk ke kali Sentiong atau Kali Item.

“Upaya rekayasa aliran dengan menggunakan lima mobil pompa berkapasitas masing-masing 160 liter/detik dari BBWS Ciliwung-Cisadane dan enam mobil pompa berkapasitas 250 liter/detik dari Dinas PU DKI,” tambah keterangan tersebut.

Dengan demikian diharapkan bisa memberikan dampak yang berarti dalam pengurangan bau di Kali Sentiong dan Kali Item menjelang Asian Games 2018.

#SahabatPUPR, dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Asian Games ke-18, BBWS Ciliwung Cisadane Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR bersama Dinas PU Pemprov DKI Jakarta tengah melakukan upaya utk mengurangi bau di Kali Sentiong dgn penggelontoran Kali Sentiong dgn cara membuka pintu air Gang Kelor (PA Sentiong). Disamping itu secara paralel jug dilakukan upaya mengalihkaan aliran air Kali Item ke Kali Sunter dgn cara dipompa, sehingga mengurangi debit air kotor yg masuk ke kali Sentiong. • Upaya rekayasa aliran dengan menggunakan 5 mobil pompa berkapasitas masing-masing 160 liter/detik dari BBWS Ciliwung-Cisadane dan 6 mobil pompa berkapasitas 250 liter/detik dari Dinas PU DKI. Diharapkan upaya ini pun memberikan dampak yang berarti dalam pengurangan bau di Kali Sentiong dan Kali Item ya Sahabat • #InfoPUPR #ketahananair #InfrastrukturUntukNegeri #AsianGamesKita #AsianGames2018 #PUPRsiapmelayani #InfrastrukturUntukIndonesiaMaju

A post shared by Kementerian PUPR (@kemenpupr) on

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air berupaya mengurangi bau di Kali Sentiong dan Kali Item di Kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Langkah ini dilakukan bersama Dinas PU Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Asian Games ke-18.

Demikian dikutip dari keterangan tertulis Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (27/7/2018).

Kualitas air pada Kali Sentiong dan Kali Item turut mempengaruhi kenyamanan atlet dan official dari berbagai negara yang menghuni Wisma Atlet Kemayoran selama Asian Games berlangsung.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah cara membuka pintu air Gang Kelor (PA Sentiong). Air berasal dari Bendung Katulampa di Bogor yang dialirkan hingga ke Kali Sentiong melalui Kali Baru Timur.

Di samping itu secara paralel juga dilakukan upaya mengalihkan aliran air Kali Item ke Kali Sunter dengan cara dipompa, sehingga mengurangi debit air kotor yang masuk ke kali Sentiong.

Sebelumnya uji coba skema ini telah dilakukan selama satu minggu, mulai tanggal 5 hingga 11 April 2018 dan berdasarkan observasi telah memberikan hasil yang cukup baik dalam mengurangi bau kali.

Upaya rekayasa aliran dengan skema serupa kembali dilakukan pada Rabu dan Kamis, 25-26 Juli 2018 dengan menggunakan lima mobil pompa berkapasitas masing-masing 160 liter/detik dari BBWS Ciliwung-Cisadane dan 6 mobil pompa berkapasitas 250 liter/detik dari Dinas PU DKI.

Total debit penggelontoran yang dialirkan menggunakan keseluruhan pompa saat ini adalah 1.540 liter/detik. Diharapkan upaya ini pun memberikan dampak yang berarti dalam pengurangan bau di Kali Sentiong dan Kali Item.

BBWS Ciliwung Cisadane terus memberikan dukungan bagi Dinas PU Pemprov DKI dalam upaya mengurangi bau di Kali Sentiong dan Kali Item, termasuk dengan upaya lain yang dinilai potensial dalam mengurangi bau tidak sedap akibat pencemaran domestik yang berat dan kondisi anaerob pada badan Kali.

Dalam pengelolaan sistem tata air di DKI Jakarta, pemeliharaan dan penanganan Kali Sentiong dan Kali Item berada di bawah kewenangan dan tanggungjawab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sesuai Kesepakatan Bersama tahun 1994 antara Ditjen Pengairan Departemen Pekerjaan Umum dengan Pemerintah DKI Jakarta.

Source :

Detik

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


5 + 10 =