Nutrisi Bergizi & Olahraga Bantu Tumbuh Kembang Optimal Anak Usia Sekolah

Source : Okezone

 

BANYAK hal yang harus diperhatikan agar tumbuh kembang anak menjadi optimal. Salah satu yang terpenting adalah asupan nutrisi bergizi yang berguna bagi pertumbuhan, utamanya untuk anak usia 6-12 tahun.

Ya, usia 6-12 tahun atau usia anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar dianggap sebagai usia yang penting. Pasalnya saat itulah pertumbuhan dan perkembangan terjadi sangat pesat. Lantas, seperti apa nutrisi yang tepat untuk anak-anak usia sekolah?

Diungkapkan oleh dr Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, SpGK, terdapat beberapa jenis nutrisi penting dikonsumsi oleh anak-anak usia sekolah yang menjadi kunci rahasia hidup sehat, di antaranya :

Karbohidrat

Wanita yang akrab disapa Cindy ini menyarankan agar mengonsumsi karbohidrat kompleks yang mengandung serat. Karbohidrat kompleks yang dimaksud bisa berupa nasi merah, roti gandum, serta disempurnakan dengan konsumsi sayur dan buah.

Protein

Pilihlah protein yang rendah lemak. Protein bisa didapat dari sumber nabati dan hewani.

Vitamin

Jangan lupakan buah dan sayur yang mengandung beragam vitamin, seperti vitamin A, B, kompleks, C, D, E, dan K. “Nasi dan protein tanpa ada sayur, tubuh rasanya asam. Jadi, penting untuk mengonsumsi sayur-sayuran,” ujar Cindy dalam acara konferensi pers HiLo Drawing Competition 2018 di Resident Lounge, Hotel Morrissey, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2018).

Mineral

Asupan mineral berupa Ca, P, Mg, K, Mn, Cu, Cr, Fe, dan I bisa didapat dari sayur, buah, ikan laut, dan susu. Susu mengandung kalsium, vitamin D, fosfor, seng, dan magnesium yang baik untuk pertumbuhan tulang. Di mana pertumbuhan tulang di usia sekolah cukup pesat. Anak usia sekolah membutuhkan 1200 mg kalsium per hari.

Selain melalui asupan nutrisi yang seimbang, anak usia sekolah juga perlu melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Sayang, banyak anak usia sekolah yang meninggalkan aktivitas fisik lantaran sudah dimanjakan dengan kehadiran gadget.

Padahal, olahraga bantu mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan. Tak hanya itu, olahraga juga mendukung pertumbuhan dan kepadatan tulang, serta mencegah obesitas yang memengaruhi pertumbuhan.

“Anak-anak sekarang suka lupa olahraga. Aktivitasnya sudah banyak, belum kalau sedang hujan ditambah kehadiran game di gadget bikin males gerak. Zaman sekarang hanya jari jempolnya yang gerak,” tambah Cindy.

Karena itu, Cindy menganjurkan agar para orangtua bisa mengajak anak-anaknya untuk olahraga. Jenis olahraga yang disarankan adalah intensitas sedang.

“Olahraga yang bikin tinggi adalah yang menapak. Jadi, tidak cukup hanya dengan bersepeda, tapi bisa lari, main basket, lompat tali, dan lainnya. Ini bisa merangsang tinggi,” tutup wanita dua anak tersebut.

Source :

okezone

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


3 × two =