Nilai tukar Dolar sentuh Rp 14.800, money changer ini masih sepi pengunjung

merdeka.com

 

Merdeka.com – Nilai tukar rupiah terpuruk ke titik terendah dalam 20 tahun terhadap dolar AS. Mengutip laman Asia Nikei, Sabtu (1/9), rupiah sempat melemah hingga menyentuh Rp 14.840 terhadap Dolar AS pada Jumat tengah malam.

Meskipun demikian, depresiasi rupiah ini tidak serta-merta mendorong masyarakat untuk mendatangi tempat penukaran uang.

Pantauan Merdeka.com, beberapa money changer, misalnya Emerald Money Changer, yang terletak di Jl. H. Agus Salim, Jakarta Pusat dan money changer Sari Valas, di Kawasan Sarinah tampak sepi pengunjung.

Petugas money changer Sari Valas, Dimas mengatakan, intensitas penukaran uang di money changer tempatnya bertugas tidak menunjukkan peningkatan jumlah pengunjung.

Artinya sejak trend pelemahan rupiah berjalan hingga saat ini ketika rupiah menyentuh Rp 14.800 per USD belum ada peningkatan tajam dari sisi penukaran uang dolar Amerika Serikat.

“Pengunjungnya sama saja. Dari kemarin waktu normal, sampai sekarang rupiah melemah ya, pengunjungnya sama saja,” katanya kepada merdeka.com, Jakarta (1/9).

Dimas mengatakan pihak yang menukarkan uang di Sari Valas biasanya dibagi dalam dua kelompok, yakni penukar individual dan korporasi.

“Individu biasanya setiap hari ada. Kalau korporasi biasa dia tukar saat jam kerjanya dia. Senin sampai Jumat,” jelas dia.

Source :

merdeka.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


4 × four =