Menkeu Diminta Beri Insentif Pajak UMKM Demi Dongkrak Ekspor

Source : internet

 

Dewan Perwakilan Rakyat mendesak Kementerian Keuangan untuk memberikan keringanan pajak kepada para pelaku produk ekspor, khususnya kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta industri. Insentif fiskal itu bertujuan untuk mendongkrak kinerja ekspor nasional.

Hal itu disampaikan Ketua DPR Bambang Soesatyo menanggapi penurunan ekspor Indonesia yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

“Meminta Menteri Keuangan mempertimbangkan untuk memberi insentif pajak pada pelaku ekspor dari UMKM dan industri,” katanya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin (5/2).

Dia bahkan mengkhawatirkan penurunan ekspor merupakan gejala terjadinya krisis ekonomi. Terlebih diiringi dengan indikator impor yang meningkat serta penerimaan pajak yang menyusut.

Maka itu, Komisi VI DPR bidang Perdagangan dan Perindustrian akan memanggil Menteri Perdagangan untuk meminta melakukan stimulus ekspor Indonesia.

“Komisi VI akan memanggil Menteri Perdagangan untuk melakukan stimulus ekspor Indonesia,” tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyesalkan nilai ekspor Indonesia yang kalah dari Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Padahal, Thailand cuma berpenduduk 68 juta orang. Namun, kemampuannya mencapai US$231 miliar.

Sementara itu, Indonesia yang berpenduduk 257,9 juta jiwa hanya membukukan nilai ekspor US$145 miliar. Bahkan, RI juga kalah jauh dibandingkan dengan Malaysia yang mencatat nilai ekspor hingga US$184 miliar dan Vietnam yang US$160 miliar.

“Kalau kita terus begini, Indonesia bisa kalah dengan Kamboja dan Laos. Ini ada yang keliru. Ini harus diubah. Ini tanggung jawab saudara sekalian,” pungkasnya.

Source :

CNN

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


five + six =