Maluku Jadi Daerah Rawan saat Pilkada, Polda Jalankan Operasi Mantap Praja Siwalima

Source : internet

 

Menjelang bergulirnya Pilkada serentak 2018, Kapolda Maluku Irjen Andap Budhi menyatakan, saat ini pihak kepolisian terus meningkatkan keamanan di wilayah tersebut. Hal ini lantaran Maluku Utara termasuk wilayah yang rawan konflik.

Diketahui, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengumumkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) untuk pemilihan kepala daerah tahun 2018, dengan menemukan tiga provinsi memiliki nilai kerawanan tinggi, yaitu Papua, Kalimantan Barat dan Maluku.

“Saat ini kita melakukan operasi Mantap Praja Siwalima dalam rangka pengamanan pemilihan gubernur, bupati dan walkot,” ujar Andap seusai upacara kenaikan pangkat di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (4/4/2018).

Andap menjelaskan, operasi tersebut akan digelar secara operasional dan bekerjasama dengan stakeholder terkait seperti penyelenggara pemilu serta TNI. Selanjutnya, Andap pun menyebut berdasarkan dari hasil identifikasi penyelenggara maupun pengawas pemilu wilayah Maluku Utara ini termasuk kategori yang dikatakan rawan.

“Kalau identifikasi dari penyelenggara maupun pengawas pemilu diidentifikasikan rawan. Dari perspektif penyelenggara kemudian kontestannya. Kalau kami sendiri (Polisi), sebelas potensi konflik tentunya perlu kita sikapi seperti profesionalitas penyelenggara pemilu, pngawas, calon petahana. Semuanya ada sebelas,” tutur dia.

Mengenai adanya calon yang berlatar belakang Polri di Pilkada Maluku Utara, yakni mantan Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, Andap menegaskan pihaknya akan tetap menjaga netralitas selama pergelaran pemilihan kepala daerah itu berlangsung.

“Yang pasti beliau ketika mendaftar, kebijakan pimpinan polri sudah jelas. Masuk kemudian artinya dia purnawirawan. Kemudian dalam mekanisme penyelenggaraan, kan ada pengawas. Ditanya saja ke pengawas bagaimana netralitas polri. Tapi secara internal kami tetap mengingatkan aturan main polri sesuai UU nomor 2 tahun 2002,” tandas dia.

Source :

okezone

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


12 + 7 =