Kombinasi Lada Hitam dan Kunyit Punya Banyak Manfaat, Mencegah Kanker Salah Satunya!

Source : okezone

 

KUNYIT merupakan bumbu yang telah digunakan selama berabad-abad. Kunyit memiliki senyawa yang disebut kurkumin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan bersifat anti-inflamasi, antiseptik, anti-jamur dan antibakteri.

Dan lada hitam dapat meningkatkan pencernaan dan mengatur sinyal saraf untuk melawan kanker dan meningkatkan metabolisme. Melansir Boldsky, Kamis (22/3/2018) ketika lada hitam dan kunyit digabungkan tentu akan memberikan manfaat yang lebih terhadap kesehatan. Apasaja manfaatnya? Berikut uraiannya:

Mengurangi nyeri

Piperine merupakan senyawa dalam lada hitam yang dapat memicu reseptor transien yang berpotensi vanilloid tipe-1 di dalam tubuh. ketika lada hitam dan kunyit dikombinasikan bersama dapat membantu menyembuhkan rasa sakit.

Mencegah Kanker

Piperine dan kurkumin adalah polifenol makanan yang memiliki efek mencegah kanker payudara dan senyawa ini ada di Kunyit dan lada hitam .

Mengontrol Obesitas

Kunyit dan lada hitam ketika dikombinasikan bersama-sama dapat membantu melawan kadar kolesterol tinggi, obesitas dan diabetes. Kombinasi dari dua bahan ini akan menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik sehingga dapat menurunkan berat badan.

Mengatur Diabetes

Diabetes dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan lainnya seperti kerusakan pembuluh darah. Penelitian telah menemukan bahwa senyawa dalam kunyit dan merica membantu mengurangi stres oksidatif yang menyebabkan pembuluh darah menjadi rusak.

Mengobati peradangan

Lada dan kunyit dapat mengobati gangguan peradangan seperti radang sendi, karena kedua bumbu ini mengandung sifat anti-peradangan. Selain itu juga dapat mengobati gangguan inflamasi lainnya.

Mencegah Penyakit Hati

Kunyit memiliki kurkumin, yang merupakan detoxifier hati yang poten. Hati adalah organ penting yang bertanggung jawab untuk menyaring darah dan membuang racun. Kunyit memastikan bahwa tidak ada limbah yang terkumpul di dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit yang menghancurkan. Dipercaya bahwa salah satu penyebab utama penyakit Alzheimer adalah peradangan. Kunyit kaya akan sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mencegah penyakit ini dengan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Mencegah Tukak Lambung

Ketika lada hitam dan kunyit digabungkan dapat membantu meringankan kerusakan lambung yang disebabkan oleh tukak lambung dan kunyit juga mencegah pertumbuhan bakteri tertentu.

Source :

okezone

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


3 × three =