Kejutan, Timnas Vietnam Lolos ke Final Piala Asia U-23

Source : CNN

 

Timnas Vietnam U-23 membuat kejutan dengan lolos ke final Piala Asia U-23 2018. Pada laga semifinal, timnas Vietnam mengalahkan timnas Qatar melalui adu penalti, 4-3, setelah kedua tim bermain imbang 2-2 pada 2×45 menit dan tambahan waktu di Stadion Kunshan Sports Center.

Pada pertandingan di final di Changzhou Olympic Sport Center, Sabtu (27/1), timnas Vietnam akan menghadapi pemenangan semifinal lainnya antara Uzbekistan dan Korea Selatan.

Kiper Bui Tien Dung menjadi pahlawan bagi tim berjuluk The Golden Stars dengan melakukan dua penyelamatan pada adu penalti tersebut. Tien Dung mementahkan sepakan Ahmad Moein dan Sultan Al Brake yang menjadi penendatang terakhir Qatar, sekaligus mengunci kemenangan bagi Vietnam.

Sementara, Vietnam hanya gagal mencetak gol melalui Nguyen Quang Hai yang menjadi algojo pada kesempatan pertama menendang penalti.

Lolosnya Vietnam ke partai puncak merupakan kejutan yang kesekian kalinya pada turnamen kali ini. Di penyisihan grup, Vietnam melaju ke fase gugur dengan menjadi runner up Grup D, di bawah Korea Selatan.

Mereka mememenangi persaingan atas tim kuat timnas Australia dan Suriah. Pada babak itu, timnas Vietnam mengalahkan Australia, 1-0, dan mengimbangi Suriah, 0-0.

Di perempat final, kejutan timnas Vietnam berlanjut dengan mengatasi perlawanan Irak, yang juga dikalahkan melalui adu penalti, 5-3, di babak perempat final.

Lebih dari itu, pencapaian pada Piala Asia U-23 kali merupakan progres timnas Vietnam dari turnamen edisi sebelum yang menempati peringkat keempat pada 2016.

Dalam pertandingan itu, Qatar unggul lebih dahulu melalui gol dari Akram Afif pada menit ke-39. Timnas Vietnam pun meresponsnya dengan menyamakan kedudukan berkat gol Nguyen Quang Hai menit ke-69.

Menjelang pertandingan berakhir, Qatar kambali unggul berkar gol Almoez Ali menit ke-87. Namun, keunggulan itu hanya bertahan semenit, yang lagi-lagi dibalas oleh Quang Hai pada menit ke-88. Skor imbang 2-2 bertahan hingga waktu normal berakhir. Dalam babak tambahan waktu 2×15 menit tidak ada gol yang tercipta. Kedudukan pun tetap imbang 2-2 untuk dilanjutkan ke babak adu penalti.

Pencapaian ini pun menjadi sejarah untuk timnas Vietnam yang kali pertama berada di laga final Piala Asia U-23. Turnamen tahun ini merupakan yang ketiga sejak 2013. Pada dua edisi sebelumnya, Irak (2013) dan Jepang (2016) keluar sebagai juara.

Source :

CNN

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


2 − one =