Kalahkan Jerman, Timnas Korea Selatan dipuja pendukung Meksiko

(Photo by Johan ORDONEZ / AFP)

 

Ini mungkin hal yang tidak biasa di Piala Dunia: pendukung Meksiko dengan penuh semangat memuja Korea Selatan, yang sebenarnya merupakan saingannya di Grup F.

Tapi dengan kemenangan Korea Selatan 2-0 atas Jerman pada Rabu (27/06) malam, Meksiko bisa lolos dari babak grup Piala Dunia 2018 biarpun kalah telak 0-3 digulung Swedia.

Sejumlah besar warga Meksiko kemudian merayakan keberhasilan timnya di depan Kedutaan Besar Korea Selatan di ibu kota Mexico City, antara lain memekik bahwa Korea Selatan adalah ‘saudara mereka’.

Sementara gambar paduan bendera Korea Selatan dan Meksiko, serta pesan-pesan di Twitter tentang persahabatan dan ucapan terima kasih bermunculan. Bahkan ada ‘sumpah’ dari pendukung Timnas Meksiko untuk mulai mendengarkan K-Pop, yang diucapkan di internet.

Sebuah rekaman rekaman video memperlihatkan Konsul Korea Selatan di Mexico City, Byoung-Jin Han, sedang digendong di pundak seorang pendukung Meksiko sambil bersorak sorai bersama para warga Meksiko di sekelilingnya.

“Teima kasih Korea, Saya bahkan tidak tahu di mana letaknya (Korea Selatan), tapi terima kasih, terima kasih,” kata Cecilia Gonzalez, mahasiswi berusia 22 tahun kepada kantor berita AFP di sebuah bar di Mexico City.

Sementara di taman Piala Dunia di Rusia, para pendukung Swedia dan Meksiko merayakan bersama keberhasilan lolos dari babak grup, antara lain dengan bersorak-sorai: ‘Selamat Tinggal Jerman’.

Kekalahan 0-2 dari Korea Selatan -dengan kedua gol dicetak pada tambahan waktu- menyebabkan juara bertahan Jerman tersingkir.

Para pendukung Meksiko tampaknya melupakan kekalahan 0-3 dari Swedia, walaupun hasil itu mengantarkan mereka -sebagai peringkat dua di grup- akan berhadapan dengan juara lima kali Brasil di babak berikutnya.

Gambar bendera Meksiko berwarna hijau, putih, dan merah yang dihias dengan bendera Korea Selatan menjadi populer di Twitter.

Korea Selatan, Meksiko
Seorang turis Korea Selatan mengibarkan bendera Meksiko.

Ada juga seorang turis Korea Selatan yang ‘terperangkap’ dalam perayaan di plaza Zocalo di ibu kota Mexico City.

“Seorang teman rakyat!” tulis satu cuit, sementara turis itu tampak digendong di pundak para pendukung Meksiko.

Walau penuh keriangan dan sorak sorai -serta kejutan mengalahkan juara bertahan- sebenarnya Korea Selatan tetap saja tidak lolos dari babak grup.

Namun setidaknya para pendukung mereka pulang dari Rusia dengan memiliki lebih banyak teman.

Reaksi pendukung Jerman, yang tersingkir di babak grup.
Source :

BBC

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


15 − ten =