Kabupaten Lebak Diguncang Tiga Gempa Bumi

Ilustrasi (AFP/Adek Berry)

 

Gempa bumi mengguncang Kabupaten Lebak, Banten, tiga kali berturut-turut pada hari ini, Sabtu (7/7). Menurut data dilansir oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat gempa itu berada di wilayah pesisir pantai selatan Pulau Jawa.

gempa pertama terjadi pukul 10.56 WIB, berkekuatan 4,4 Skala Richter. Pusat gempat tercatat berada di koordinat 6,91 Lintang Selatan (LS), 106.41 Bujur Timur (BT), 42 kilometer (KM) sebelah tenggara Kabupaten Lebak, dengan kedalaman lima kilometer.

“Hanya kecil iya, wilayah (Lebak) selatan, pantai selatan. Biasa itu, wilayah Bayah, Sukabumi, Cikotok,” kata Lettu Sudarsono, Pasintel Kodim Lebak, melalui sambungan selulernya, Sabtu (07/07/2018).

Selang lima menit, pukul 11.01 wib, gempa kembali mengguncang Kabupaten Lebak. Lokasinya bergeser sedikit, dari gempa awal.

Gempa kedua berkekuatan 4,1 SR, dengan hiposenter di 6,92 LS, 106,40 BT, yang berada di 42 Km sebelah tenggara Kabupaten Lebak, dengan kedalaman lima kilometer.

“Enggak ada (laporan kerusakan) kalau kecil. Kalau kecil gitu sering sekali, susulan kadang,” katanya.

Gempa ketiga tercatat berkekuatan 4,5 SR, terletak di koordinat 6.94 LS, 106.37 BT, dengan jarak 46 km sebelah tenggara Kabupaten Lebak. Kedalaman hiposenter tercatat enam kilometer. Seluruh pusat gempa berada di darat.

Gempa itu dirasakan di wilayah Cibeber, Cikatomas, Bayah, Panggarangan, Panimbang, Cisolok, Malimping, Pelabuhan Ratu, Citeko, dan Ciracap-Sukabumi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


six + fifteen =