Jelang Reshuffle Kabinet, Asman Abnur Mundur dari Menpan RB Hari Ini

liputan6

 

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan melakukan perombakan atau reshuffle kabinet. Meski perombakan belum terjadi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengajukan pengunduran diri ke Jokowi.

“Kita juga hormati dan apresiasi sikap kesatria Pak Asman Abnur yang menyampaikan pengunduran dirinya kepada Presiden hari ini,” ucap Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno kepada Liputan6.com, Selasa (14/8/2018).

Pengunduran diri itu dikabarkan karena PAN sudah tak sejalan dengan partai pendukung Jokowi lainnya pada Pilpres 2019. Di mana PAN mengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga uno.

Soal perombakan kabinet, PAN pun menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi dan akan menghormati keputusan tersebut.

“Hak dan kedaulatan reshuffle kabinet sepenuhnya ada di tangan Presiden. Kita akan hormati keputusan yang Beliau jalankan terkait Kabinet Kerja saat ini,” pungkasnya.

Terkait Dinamika Koalisi

Presiden Jokowi bakal melakukan reshuffle (perombakan) kabinet jilid IV dalam waktu dekat. Mensesneg Pratikno menjelaskan pertimbangan perombakan kabinet.

“Kita tunggu keputusannya karena ini konsekuensi dari dinamika politik perkoalisian,” kata Pratikno saat memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Perihal tanggal dan hari perombakan kabinet, Pratikno belum bisa memastikan. Dia hanya menegaskan, Presiden Jokowi yang akan menyampaikan langsung perombakan kabinet kerja.

“Kalau yang memastikan Pak Presiden,” ujar dia.

Pratikno menambahkan, di mata Jokowi kinerja Asman Abnur di Kemenpan RB selama ini sangat memuaskan. Namun, jika Asman dilengser dari Kabinet Kerja maka itu merupakan konsekuensi dari keluarnya PAN dari koalisi pemerintah.

“Ini konsekuensi dari pengkoalisian,” tutur dia.

Jokowi melantik Asman Abnur sebagai Menpan RB pada 27 Juli 2016 lalu. Asman menggantikan posisi Yuddy Chrisnandi.

Source :

liputan6

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


three × four =