Jawa Timur 2017: Kunjungan Wisatawan Meningkat, Bromo Objek Wisata Favorit

Source : beritadaerah

 

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur (Jatim) mencatat, sepanjang 2017 jumlah wisatawan nusantara yang berkunjung ke Jatim mencapai 58,65 juta orang, lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang mencapai 58,07 juta orang. Obyek wisata Gunung Bromo adalah yang paling banyak dikunjungi.

Peningkatan yang  signifikan terjadi pada 2015 ke 2016 dimana peningkatan kunjungan wisatawan nusantara mencapai 12,82%. Kepala Disbudpar Jatim, Jarianto di Surabaya, Senin (5/2) mengatakan “Pada 2015 jumlah wisatawan domestik mencapai 51,47 juta sedangkan 2016 sebanyak 58,07 juta peningkatannya sangat signifikan,” ungkapnya.

Objek wisata yang menjadi favorit wisatawan di antaranya adalah Gunung Bromo, Kawah Ijen, Pulau Merah Banyuwangi, Kota Batu, Sendang Biru di Malang Selatan, Wisata Bahari Lamongan, dan Surabaya (wisata belanja dan sejarah). “Surabaya juga sangat diminati wisatawan karena selain punya banyak tempat belanja, juga ada kebun binatang, taman mangrove dan kawasan Pantai Kenjeran,” tuturnya.

Jatim selain punya beragam wisatawa alam dan buatan juga punya kekayaan seni budaya dan tradisi serta event seperti Jember Fashion Carnival yang sudah masuk dalam kalender nasional.

“Jatim juga punya Majapahit Travel Fair yang rutin digelar setiap tahun, yang mendatangkan para buyer dari luar dan dalam negeri. Ajang ini sangat ditunggu karena para agen perjalanan bisa tahu secara langsung keunggulan yang dimiliki Jatim,” ungkapnya.

Tidak kurang dari 784 daya tarik wisata tersebar di seluruh kabupaten/kota terdiri dari 265 wisata alam, 320 wisata budaya, dan 199 wisata buatan. Keragaman daya tarik wisata ini adalah modal yang kita miliki untuk menarik minat wisatawan. “Dulu kita hanya sebagai persinggahan para wistawan yang akan melakukan perjalanan ke Bali atau Jogjakarta. Sekarang ini kita sudah menjadi tujuan wisata nasional,” jelasnya.

Source :

beritadaerah

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


2 × 2 =