Jangan Simpan Cokelat di Kulkas, Rasanya akan Berubah

Source : internet

 

Pertanyaan ini sebenarnya sudah ada sejak lama, tapi tak kunjung terjawab dari generasi ke generasi. “Mengapa cokelat harus disimpan di kulkas?”

Menurut seorang pecinta sekaligus pakar cokelat, menyimpan cokelat di kulkas dengan suhu dingin adalah kesalahan fatal. Luke Owen Smith yang berdomisili di New Zeland menyebut meski kondisi udara di luar sangat panas, memindahkan cokelat ke lemari es ibukan solusi.

Owen, pemilik The Chocolate Bar yang terkenal dengan cokelatnya yang berkualitas baik menyatakan bahwa cokelat yang tersimpan di lemari es akan berubah warna menjadi kusam dan tidak melepaskan rasa aslinya ketika dimakan. Sebagai gantinya, coklat harus disimpan di tempat yang sejuk, gelap dan kering. Karena suhu yang sangat dingin bisa membuat rasa cokelat jadi berantakan tidak karuan sehingga agak aneh di lidah.

ika panas udara menyebabkan cokelat meleleh ketika diletakkan di luar, Owen menyarankan tindakan terbaik adalah memasukkan cokelat ke dalam wadah tertutup di lemari es. Tetapi ketika hendak dimakan, keluarkan cokelat dulu lalu letakkan tempat teduh seperti di dalam kamar sebelum dimakan.

Sementara itu, ahli keamanan makanan terkemuka Belinda Stuart-Moonlight menjelaskan alasan lain mengapa cokelat tidak boleh didinginkan, yaitu karena bisa menyebabkan ‘gula mekar’.

“Ini terjadi akibat dari suhu dingin lalu terkena udara yang lebih hangat. Maka, menyebabkan kondensasi di permukaan cokelat yang melarutkan komponen gula sehingga terjadi rekristalisasi yang membuat lapisan putih menjadi kasar,” paparnya.

Selain itu, cokelat juga menyerap bau, sehingga ada risiko aroma cokelat berubah menjadi tidak sedap, seperti aroma sisa makanan semalam.

Namun, meski tidak disarankan menyimpan cokelat di kulkas, ada satu pengecualian. “Cokelat berisi krim cenderung berisiko tinggi menjadi cepat rusaj, sehingga butuh penyimpanan di udara dingin,” tukasnnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


16 − 6 =