Ini Kata Megawati soal Politisi Sontoloyo

Foto: Antara

 

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, menanggapi pernyataan Presiden Jokowi yang menyebut soal adanya politisi sontoloyo. Sejalan dengan presiden, Megawati juga menyerukan agar politik dilakukan dalam kerangka melulu kemaslahatan rakyat.

“Politik itu kan sebenarnya memang kemaslahatannya untuk rakyat. Kalau ada perbedaan, kita tidak perlu harus ikut mencaci maki dan sebagainya,” kata Megawati.

Seperti dalam keterangan dari PDIP, hal itu dikatakan Megawati saat ditanyai wartawan usai menghadiri penganugerahan gelar doktor kehormatan dari Universitas Negeri Padang untuk Dato’ Seri Anwar Ibrahim, Senin (29/10).

Sebelumnya diketahui, menurut Presiden Jokowi, seharusnya para politisi bertarung dengan cara adu program, gagasan, ide, prestasi, dan rekam jejak. “Kalau masih memakai cara lama, politik kebencian, SARA, adu domba itu namanya politik sontoloyo,” kata Presiden Jokowi.

Megawati lalu mengibaratkan bahwa dalam sebuah negara, ada tata kelola pemerintahan. Dan di dalam tata pemerintahan, ada saluran untuk memperdebatkan ide dan gagasan kebijakan yakni di Parlemen. Di lembaga DPR itu, ada masing-masing fraksi yang diisi perwakilan dari partai politik yang lolos di Parlemen. Baginya, tentu saja, di tempat seperti itulah kritik atas sebuah kebijakan disampaikan.

Masalahnya, kata Megawati, yang ada adalah bahwa perbedaan justru diumbar dengan keluar dari sistem dimaksud di atas. Sehingga perbedaan pendapat terkesan dijadikan sebagai ajang pertempuran yang tidak sehat.

“Padahal kita ini satu bangsa satu negara. Dan siapakah yang akan terkena dampaknya di kemudian hari? Itu sebenarnya rakyat. Apakah kita selalu akan mempermainkan mereka (rakyat)?” kata Megawati.

Maka itulah, Presiden RI Kelima itu menyerukan agar yang diutamakan adalah memelihara persaudaraan antara warga sebangsa dan setanah air. “Mari perbedaan itu kita kelola dengan lebih aktif, tetapi sifatnya positif,” ujar Megawati.

Source :

berita satu

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


fifteen − three =