Hasil 6 Lembaga Survei: Elektabilias Jokowi-Ma’ruf Unggul dari Prabowo-Sandiaga

Dari hasil survei LSI Denny JA terakhir menunjukkan elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf berhasil meraih 53,2% suara sementara Prabowo-Sandiaga hanya 31,2% suara.

Foto : KOMPAS / ABBA GABRILIN

 

Pemilihan presiden (Pilpres) 2019 masih akan berlangsung sekitar 4,5 bulan lagi, tepatnya pada 17 April tahun depan. Beberapa lembaga telah melakukan survei dukungan masyarakat terhadap kedua pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) yang akan bertarung pada Pilres 2019.

Hasil sigi dari enam lembaga survei menunjukkan elektabilitas pasangan capres-cawapres dengan nomor urut 01, yakni Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) unggul dari capres-cawapres dengan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandiaga).

Meskipun unggul, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf masih bisa terkejar dari pesaingnya sebab kampanye masih terus berlangsung dan masyarakat yang belum menentukan pilihan juga cukup tinggi.

Dari hasil survei LSI Denny JA yang dilakukan pada 10-19 November 2018 menunjukkan elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf berhasil meraih 53,2% suara. Sementara kompetitornya, pasangan Prabowo-Sandiaga hanya memperoleh 31,2% suara. Sisanya, 22% suara belum menentukan suara/tidak memberikan jawaban.

Demikian hasil sigi dari Media Survei Nasional (Median) yang dilakukan pada 4-16 November 2018, elektabilitas calon presiden petahana unggul dengan meraih 47,7% suara dibanding pesaingnya hanya 35,5% suara.

Source :

Katadata

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


nine − 3 =