‘Golkar pinggiran’ dukung Prabowo, kubu Jokowi yakin koalisi tetap solid

merdeka.com

 

Merdeka.com – Wakil Sekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah meyakini partai koalisi solid dukung Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. Hal itu menanggapi deklarasi Go-Prabu, yang terdiri dari beberapa calon legislatif Golkar yang mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga.

“Tentu diharapkan koalisi solid, karena itu DPP partai yang telah menyatakan dukungan secara tertulis dan resmi secara formil kepada KPU RI kepada Pak Jokowi dan pak Ma’ruf Amin, menjaga konsistensi dukungan itu,” ujarnya di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Selasa (25/9).

Juru Bicara Koalisi Indonesia Kerja itu melihat, hal biasa apabila ada dinamika dalam internal partai pendukung. Basarah enggan mencampuri urusan yang terjadi di tubuh Golkar.

“Tapi pasti tiap partai memiliki dinamika yang berbeda, karena itu konsolidasi dan kesolidan masing-masing partai dalam mendukung pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf itu kita serahkan kepada yurisdiksi rumah tangga masing-masing partai koalisi,” terangnya.

Menurutnya, hal yang wajar apabila ada pihak yang berupaya melakukan provokasi. Dinamika demikian merupakan konsekuensi politis di mana setiap individu memiliki hak dan kebebasan dalam melakukan tindakan politik.

“Saya kira sepanjang tidak melanggar koridor peraturan perundang-undangan, kita anggap saja itu sebagai dinamika wajar dalam kontestasi politik sekarang ini,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Sekretaris KIK Raja Juli Antoni telah mendengar langsung dari Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus. Dukungan caleg itu hanya riak kecil yang tak mengganggu koalisi.

“Beliau katakan Golkar solid mendukung Jokowi-Amin. Keputusan partai sudah jelas dan mengikat. Yang tejadi hanya riak-riak kecil internal yang tidak ada pengaruhnya,” kata Sekjen PSI itu lewat pesan singkat.

Diketahui, Dalam video itu, forum caleg Golkar siap memenangkan Prabowo-Sandiaga dengan bekerja di dapil masing-masing. Salah satu alasannya, karena Prabowo secara ideologis dan kultural memiliki kedekatan dengan Golkar. Sementara Sandiaga Uno, mewakili kelompok milenial yang menginspirasi.

Namun, Ketua Bappilu Golkar wilayah Sumatera, Indra Bambang Utoyo menegaskan, dukungan itu tak bisa mengatasnamakan Forum Caleg Golkar. Sebab, dalam penyelidikannya, hanya satu orang yang memang sebagai caleg Golkar. Dia pun menyebut kelompok ini sebagai Golkar pinggiran.

Dari informasi yang diperoleh merdeka.com, salah satu Caleg Golkar yang ikut deklarasi disebut bernama Fadli Alimin. Dia merupakan caleg Golkar di DPRD Malang.

Saat ini, Golkar tengah menyelidiki siapa yang menggerakkan kelompok tersebut untuk berupaya memecah belah suara Golkar. Indra menegaskan, sampai saat ini partainya kukuh mendukung Jokowi-Ma’ruf.

“Kami belum bisa lihat siapa yang biayai mereka, belum ketemu simpulnya. Yang pasti ini cuma Golkar pinggiran,” tutup dia.

Source :

merdeka.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


16 − 6 =