Dubes Inggris: Lebaran di Indonesia Seperti di Rumah Sendiri

Photo: Detiknews

 

Jakarta – Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik mengatakan perayaan Idul Fitri di Indonesia membuat dirinya merasa seperti di rumah sendiri. Moazzam Malik yang juga beragama Islam menuturkan sudah tiga tahun belakang merayakan Idul Fitri di Indonesia.

“Ini ketiga kalinya Lebaran di Indonesia, seperti di rumah sendiri,” kata Moazzam Malik kepada wartawan di sela acara resepsi diplomatik yang diadakan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di rumah dinasnya, Jl Widya Chandra III, Jakarta, Jumat (15/6/2018).

“Tidak mudik. Ini (Indonesia) rumah saya,” jawab dia saat ditanya wartawan tentang rencana mudik Lebaran ke Inggris.

Moazzam Malik menerangkan kebiasaan dalam perayaan Idul Fitri di Inggris tak jauh berbeda dengan di Indonesia. Umat yang merayakan di Inggris juga melakukan serangkaian kegiatan seperti ziarah ke makam keluarga dan kerabat, salat berjamaah di masjid dan bersilaturahmi ke rumah sanak saudara.

“Idul Fitri di Indonesia tidak beda jauh dengan di Inggris, tradisi mirip. Orang-orang juga pergi ke makam dan masjid, lalu ke sanak saudara,” jelas Moazzam Malik.

Bedanya, situasi Idul Fitri di London sama seperti hari-hari biasa. Sementara di Jakarta, situasi sepi karena warganya melakukan mudik. Dia menambahkan, Hari Raya Idul Fitri di Inggris tak dijadikan hari libur.

“Bedanya hanya situasi Kota Jakarta lengang karena ada tradisi mudik. Lebaran di Inggris hari kerja, bukan hari libur,” ujar Moazzam.

Source :

newsdetik

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


17 − 11 =