Cerita Hangatnya Perayaan Idul Fitri WNI di Swiss

Foto: Dok. Pensosbud KBRI Bern

 

Jakarta – Umat muslim di dunia merayakan hari raya Idul Fitri 1439 H, termasuk WNI di Bern, Swiss. Perayaan lebaran di Swiss penuh dengan kehangatan serta kekeluargaan.

Sekitar 200 orang anggota keluarga besar masyarakat Indonesia berkumpul di Wisma Duta RI di Gumligen, Bern, Swiss. Duta Besar RI Muliaman D Hadad dan istri Sarah Bey Hadad juga ikut dalam perayaan lebaran 2018 itu.

Acara yang dimulai pada Jumat (15/6/2018) pukul 09.00 waktu setempat dengan diawali salat id dipimpin oleh Ustaz Risyan Nurhakim dari Maroko. Muliaman menjadi khatib dalam pelaksanaan salat id itu

Dalam ceramahnya, Muliaman menyampaikan pentingnya berbuat baik antar sesama manusia. Dia juga mengimbau agar semangat Idul Fitri dijadikan pondasi untuk membangun silaturahmi, membangun kerukunan, agar negara Indonesia menjadi negara yang makmur dan selalu dirahmati Allah

Usai ceramah, Muliaman dan WNI yang hadir dipersilakan untuk saling bersilaturahmi sembari menyantap makanan yang dihidangkan. Hidangan khas lebaran seperti lontong sayur, sambal goreng, rendang, sampai opor ayam terjasi di meja makan.

Untuk diketahui, umat muslim di Swiss berpuasa selama 18 jam setiap harinya selama bulan Ramadan, yang dimulai sejak pukul 03.20 hingga 21.20 waktu setempat. Selama Ramadan, warga Indonesia di Swiss juga melaksanakan berbagai kegiatan yang dapat menambah makna ibadah di KBRI Swiss seperti pengajian, buka puasa bersama, ceramah dan diskusi keagamaan.

Source :

newsdetik

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


3 − 1 =