Berdiri Efektif Bisa Bantu Mengurangi Berat Badan

Source : Liputan6

 

Kebanyakan pekerja kantoran menghabiskan jam kerja mereka dengan duduk. Memang, tempat kerja di kantor didesain menggunakan meja dan kursi, sehingga jarang pekerja yang perlu berdiri lama.

Namun sebenarnya, jika Anda mau, Anda bisa menggunakan alat tambahan yang akan memaksa Anda untuk berdiri. Namun apa pentingnya?

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology menunjukkan, berdiri bisa mencegah peningkatan berat badan yang terjadi dari pola hidup sedentary (duduk seharian).

Dalam meta-analisis, para peneliti memeriksa sekitar 46 studi, yang melibatkan 1.184 orang. Untuk wanita, berdiri bisa membakar 0,1 kalori/menit dibanding duduk.

Angka tadi memang terkesan ekcil. Namun, jika Anda berdiri selama enam jam, alih-alih duduk seperti biasa, hal ini akan membantu seseorang dengan berat badan 64 kg membakar 54 kalori ekstra setiap harinya. Dan dalam satu tahun, Anda sudah membakar 2,5 kg lemak.

Angka ini bukanlah jumlah yang kecil.

Sedangkan untuk pria, mereka membakar 0,19 kalori/menit saat berdiri dibanding duduk. Angkanya lebih besar karena pria biasanya memiliki bobot yang lebih besar juga dengan jumlah massa otot yang lebih banyak.

Secara sepintas, berdiri terkesan seperti kegiatan yang tidak signifikan. Namun, dibandingkan dengan duduk, ketika berdiri tubuh merekrut lebih banyak otot untuk tetap tegak. Inilah kenapa berdiri menghabiskan lebih banyak energi.

Ditambah, pada studi sebelumnya ditemukan, berdiri membakar sekitar 9 kalori dibandingkan dengan duduk.

Source :

liputan6

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


four × four =