Asyiknya Tamasya di Tawangmangu

Foto: Dessy Savitri

 

Apa yang terbayang bila mendengar kata Tawangmangu? Kebanyakan mungkin akan menjawab, tempat wisata di luar Kota Solo, Jawa Tengah, yang berhawa sejuk dan segar. Benar sekali. Tawangmangu, yang sudah jadi tempat tamasya sejak masa kolonial Belanda, terletak di daerah pegunungan yang sejuk, tepatnya di lereng barat Gunung Lawu.

Foto: Dessy Savitri

Setelah menempuh perjalanan sekitar satu jam dari Kota Solo, kita akan tiba di kecamatan penghasil sayur mayur ini. Bila kebetulan berkunjung, sebaiknya menginap di salah satu villa atau hotel di sana. Saat ini mencari akomodasi di berbagai daerah, yang terpencil sekalipun, sangat mudah dengan adanya beragam laman dan aplikasi.

Foto: Dessy Savitri

Bila menginap di Tawangmangu, saat bangun di pagi hari kita bisa puas mereguk kesegaran udara. Lebih asyik lagi bila kita menyempatkan diri untuk berjalan-jalan pagi menikmati hawa pegunungan yang sejuk dan pemandangan alam yang asri.

Foto: Dessy Savitri

Kebun-kebun di sana banyak ditanami sayur mayur, mulai dari bawang sampai kembang kol. Selain sayur mayur, bunga-bunga juga tumbuh cantik di sini, berkat kesuburan tanah dan berlimpahnya sinar matahari.

Foto: Dessy Savitri

Air Terjun Grojogan Sewu

Terletak tepat di bawah lereng Gunung Lawu, udara sangat sejuk. Air terjun dengan ketinggian 81 meter ini ada di dalam hutan wisata Grojogan Sewu. Untuk mencapai tempat ini pengunjung harus menuruni ribuan anak tangga. Jadi pastikan tubuh cukup fit saat datang ke sini.

Foto: trover

Hutan hijau yang asri beserta penghuninya merupakan pemandangan menarik yang mudah ditemui sepanjang jalan. Hutan ini merupakan hunian kera-kera liar yang dilindungi. Tak usah takut berinteraksi, tetapi jaga barang-barang bawaan dari keisengan mereka.

Foto: Coretan Petualang

Grojogan Sewu berada di 37 Kilometer dari pusat Kota Solo, tepatnya di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Bila naik kendaraan umum, menuju ke tempat ini dapat menggunakan bus jurusan terminal Tawangmangu dari Solo dengan tarif Rp 10.000. Setiba di terminal, para pelancong dapat berjalan kaki sekitar 1 kilometer untuk sampai air terjun, atau bila ingin menghemat tenaga, bisa menggunakan jasa ojek maupun angkot.

Di tempat tamasya ini terdapat berbagai fasilitas seperti kolam renang, taman binatang hutan, warung makanan, toko cinderamata, serta tempat ibadah. Harga tiket masuk tempat wisata Grojogan Sewu cukup terjangkau, yaitu Rp 18.000.

The Lawu Park

Baru diresmikan pada Juni 2018, The Lawu Park memiliki panorama indah Gunung Lawu serta hutan pinus. Tamasya yang ditawarkan di sini berkonsep alam lengkap dengan resort, taman bermain, outbound, kuliner, dan lain-lain.

Foto: Dessy Savitri

Taman bermain yang ada dibuat bertema Taman Jepang, Taman Koboi, Taman Kelinci, Taman Cempe (anak kambing), dan lain-lain. Bila hobi memasak, tersedia taman pawon sewu, tempat praktik masak menu makanan ala restoran. Bagi yang ingin membawa buah tangan khas Tawangmangu bisa singgah di Taman Pasar Dieng, tempat belanja berbagai suvenir dan pernak-pernik lucu untuk oleh-oleh.

Foto: Dessy Savitri

Para wisatawan juga bisa ikut outbound atau permainan yang menantang adrenalin. Setelah lelah beraktivitas, pengunjung dapat beristirahat di restoran yang tersedia sekaligus menikmati kuliner khas daerah setempat. Pengunjung juga dimanjakan dengan banyaknya spot untuk berswafoto. Pemandangan alam yang indah serta sudut-sudut uniknya menjadi sasaran jeprat-jepret para penggiat media sosial.

Foto: Dessy Savitri

Bosan tinggal di hotel atau vila? Ingin kemping, tetapi khawatir dengan segala kerepotannya? Anda bisa merasakan pengalaman bermalam di sini, karena tersedia fasilitas penginapan Glamping alias Glam Camping (kemping mewah).

Foto: Dessy Savitri

The Lawu Park berada di Jalan Raya Tawangmangu-Magetan KM 9, Bulakrejo, Gondosuli, Kabupaten Karanganyar. Waktu berkunjung bisa dilakukan setiap hari mulai dari pukul 07.30 hingga 22.00.

Foto: Dessy Savitri

Taman New Balekambang

Tempat tamasya yang juga menawarkan banyak spot selfie terdapat di Taman New Balekambang. Berada di Jalan Balekambang Kalisoro Tawangmangu, tempat ini dulunya bernama Balaikambang. Fasilitasnya berupa lapangan tenis, kolam renang, paintball, dan beberapa permainan lainnya. Pada 2015 berubah nama menjadi New Balekambang Tawangmangu dengan wahana baru Taman Miniatur Ikon Dunia, flying foxhigh rope, permainan ATV, skuter dan sepeda.

Foto: Jejak Piknik

Miniatur ikon dunia yang ada di sini mencakup Menara Eiffel Paris, Colloseum Roma, Menara Miring Pisa, Patung Spinx Mesir, Tembok Besar Cina, Patung Merlion Singapura, dan tak ketinggalan Candi Borobudur kebanggaan Indonesia. Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai 17.00.

Wisata Kuliner

Kembali ke Solo dari Tawangmangu kita akan melewati banyak rumah makan yang bisa disinggahi untuk mengisi perut yang lapar. Salah satunya adalah Bali Ndeso Resto. Wisata kuliner ini berada di lahan seluas 2.000 hektare di kawasan Kemuning Karanganyar, tepatnya di Desa Puntukrejo, Kecamatan Ngargoyoso. Letaknya tidak jauh dari lokasi candi Sukuh dan objek wisata Tenggir Park, sekitar 3 kilometer dengan waktu tempuh hanya 8 menit.

Berada di kawasan perbukitan yang sejuk, dengan suasana asri serta lanskap pemandangan pegunungan Lawu tak heran restoran ini menarik banyak pengunjung. Tersedia pula aneka spot foto yang instagenic sehingga menjadi buruan para wisatawan. Jam operasional mulai pukul 10.00 pagi dan tutup pada 21.00. WIB.

Foto: Data Wisata

Kalau Anda tak terlalu suka dengan hiruk pikuk seperti yang biasa terjadi di restoran ngetop setelah viral di jagad media sosial, silakan datang ke Restoran Ayam Goreng Mba Ning. Rumah makan yang juga terletak di daerah Kemuning, Karanganyar ini cukup luas dengan saung-saung yang nyaman dan relatif lebih tenang. Walau namanya restoran ayam goreng, menu yang disediakan tidak hanya ayam goreng, melainkan sangat beragam. Dan yang terpenting, rasa masakannya enak sekali, sangat direkomendasi para penikmat kuliner yang sudah mampir ke sini.

Foto: Dessy Savitri

Catat alamat lengkapnya, Jalan Karangpandan Candi Sukuh KM.5, Kabupaten Karanganyar. Jam buka mulai pukul 08.00 hingga 20.00.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


nine − 6 =